Total Tayangan Halaman

Sabtu, 02 Juni 2012

POTENSI SUMBER DAYA ALAM di SOLOK SELATAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Kabupaten solok selatan sangat banyak memiliki potensi yang akan menjadikan solok selatan sebagai kabupaten terkemuka di masa yang akan datang, di antanya solok selatan sangat banyak memiliki kekeyaan alam seperti: pertambangan, perkebunan, pertanian serta pariwisata dan masih banyak yang lainnya yang akan menunjang kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Maka dari sini penulis bisa menciptakan sebuah makalah yang akan mengangkat judul dengan pariwisata dalam tema potensi sumber daya alam yang ada di solok selatan. Di makalah ini sangat banyak cakupannya di antaranya objek-objek wisata baik wisata alam,sejarah maupun wisata dari segi kebudayaan yang sangat baik bila di lihat secara perinci.
Kemudian di dalam makalah ini sangat banyak obejek wisata yang sampai saat sekarang ini belum pernah kita kunjungi atau keberadaan tidak di ketahui lagi.

B.   Perumusan Masalah
Untuk pariwisata yang ada di solok selatan memeng banyak, terutama masalah objek wisata alam dan budaya, tetapi pada kenyataannya sangat banyak juga dari masyarakat solok selatan yang kekurangan hiburan seperti rekreasi karena objek wisata tersebut tidak di kelola dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat.
Kemudian masalah area perjalanan ke tempat objek wisata yang  kita tuju kebanyakan jauh dari pusat keramaian seperti air terjun talang sepintir, batu pacatuan dan masih banyak yang lain rata-rata tempat tersebut di keliling oleh hutan belantara.
  1. Tujuan dan Manfaat
 Makalah tentang potensi sumber daya yang ada di solok selatan di maksud untuk menampilkan, serta memaparkan kekayaan alam yang di miliki oleh kabupaten ini terutama masalah pariwisata
Dengan adanya makalah ini maka kita bisa merasakan atau mendapatkan tujuan dan manfaat yang begitu besar di antaranya:
  • Secara umum keberadaan makalah ini yaitu ingin membantu pemerintah dalam mempromosikan sumber daya khususnya masalah pariwisata kepada para pelajar.
  • Untuk mengetahui sumber daya, potensi, budaya yang ada di solok selatan
  • Untuk menjalankan tugas dari kampus dengan mata kulyah sosiologi ekonomi.

















BAB II

A.   Profil Solok Selatan
Kabupaten solok selatan terletak di bagian selatan sumatera barat yaitu pada posisi 0’43” – 1’43” lintang selatan dan 101’01” – 101’30” bujur timur dengan luas daerah solok selatan sekitar  3.346,30 Km 2. Kabupaten solok selatan juga berbatasan langsung dengan lima buah kabupaten dan salah satunya berbatasan langsung dengan propinsi jambi di antara perbatasan tersebut adalah sebagai berikut:
-          Utara berbatasan dengan kabupaten Solok.
-          Selatan berbatasan dengan kabupaten Bungo dan kabupaten Kerinci (prop. Jambi).
-          Barat berbatasan langsung dengan kabupaten Pesisir selatan.
-          Timur berbatasan langsung dengan kabupaten Dhamasraya.
Secara administrasi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terdiri dari 7 (tujuh) wilayah Kecamatan dan 32 Nagari. Tujuh kecamatan adalah :
  1. Kecamatan Sangir Batang Hari
  2. Kecamatan Sangir Jujuan
  3. Kecamatan Sangir
  4. Kecamatan Sungai Pagu
  5. Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh
  6. Kecamatan Sangir Balai Janggo
  7. Kecamatan Pauh Duo
Kemudian kabupaten solok selatan juga berada pada jajaran pegunungan bukit barisan dan patahan semangka yang akan siap mengguncang solok selatan dengan gempa seperti yang sama – sama kita saksikan akhir – akhir ini. Di samping itu juga ada gunung berapi yang sangat aktif pernah mengeluarkan asap vulkanik yaitu gunung kerinci.gunung kerinci merupankan gunung yang paling tinggi di Sumatera. Solok selatan selain memiliki pengunungan junga memeiliki sungai – sungai yang yang mengalir mungkin sekitar 70 an sungai yang di satukan di sungai batang hari.
Secara umum solok selatan beriklim tropis dengan tenperatur sekitar antara 20 sampai 30 derjat celcius dengan curah hujan 1600 – 4000 mm /tahun, daerah di solok seltan termasuk hutan lindung dan tanah milik masyarakat dan tahah adat (ulayat), solok selatan juga memiliki iklim tropika basah yang sering hujan turun antara bulan januari sampai dengan bulan mei, dan bulan September sampai bulan desember dan kemarau sering terjadi berkisar antara bulan juni sampai dengan agustus.
Penduduk kabupaten solok selatan yang di hitung hingga juni 2005 tercatat berjumlah 133.861 jiwa yang di dominani oleh kaum wanita yaitu sekitar 52 %. Pada saat itu masyarakat sungai pagu yang mempunyai jumlah penduduk terbesar, dan dari segi kepedatan peduduk yaitu kecamatan sangir dan yang paling jarang adalah kecamatan sangir jujuan.

B.   Pariwisata
Kabupaten solok selatan adalah kabuaten yang memiliki banyak penghasilan daerah yang akan siap membawa solok selatan lebih jaya lagi di antaranya kabupaten solok selatan memiliki pemandangan alam yang mempesona yang dengan sangat mudah untuk menarik perhatian masyarakat luar, dan kelestarian budaya yang layak dikunjungi dan yang masih original, solok selatan menawarkan wisata alam yang didukung oleh kebudayaan  yang masih diamalkan oleh masyarakatnya, seperti keberadaan rumah gadang yang banyak dan beragam tipe salah satunya merupakan potensi andalan solok selatan sehingga solok selatan dijuluki dengan”nagari seribu rumah gadang”. Julukan ini diberikan oleh Prof.Dr.meutia hatta swasono.
Pariwisata merupakan potensi yang masih terpendam dan potensial untuk dikembangkan dalam upaya menggali sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) perencanaan untuk mengembangkan pariwisataan di solok selatan akan dilakukan melalui pendekatan  nilai budaya yang ada di masyarakat, mengembangkan nilai ekonomi dan mempertahankan karakteristik dasar dari masyarakat serta nilai adat dan agama.
Potensi pariwisata yang ada di kabupaten solok selatan dapat dikelompokkan atas 3 kategori:

1.      Wisata alam .
2.      Wisata sejarah.
3.      Wisata budaya.
Berdasarkan pengelompokan objek wisata terdiri dari
B.1. Wisata Alam
adalah sebuah objek wisata sebagai daya tarik bagi solok selatan yang meruakan keajaiban dari alam tanpa ada capmpur tangan dari manusia di antaranya:
  1. Gunung Kerinci
Gunung kerinci adalah gunung yang paling tertinggi dari permukaan laut di daerah kabupaten solok selatan yang mempunyai ketinggian mencapai + 3.805 m dari atas permukaan laut ini menjulang sendiri diantara perbukitan disekitarnya. Gunung yang begitu mempesona banyak memberi inspirasi bagi kita untuk melakukan pertualangan untuk mengetahui lebih jauh kekayaan aneka flora dan faunanya. Gunung Kerinci ini juga merupakan gunung tertinggi di Indonesia.
  1. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)
Taman nasional kerinci sblat Adalah Taman Nasional yang terletak pada 4 Provinsi yaitu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. Di dalamnya kita bisa menyaksikan keaneka ragaman Flora dan Fauna yang dilindungi oleh Dunia. Binatang-binatang liar seperti Harimau, Beruang, ular dan lainnaya hidup bebas disini. Selain itu anda akan menjumpai Tumbuhan Langka seperti yang di teliti oleh sebagian mahasiswa dari yayasan widyaswara indonesia kemarin, mereka menemukan bunga atau tanaman yang langka seperti bunga anggrek sebanyak 47 (empat puluh tujuh) macam, tanaman bunga bangkai (raflesia) bagi para pencandu pendakian taman nasional kerinci seblat juga merupakan salah satu objeknya, tama kerinci nasonal memiliki ketinggian lebih kurang 1500 meter dari permukan laut yang terletak di daerah Golden Arm.
  1. Danau Bontak
Merupakan satu-satunya Danau yang ada di Kabupaten Solok Selatan. Danau seluas 2 Hektar ini berada diatas bukit di Dataran tinggi Golden Arm. Untuk mencapai ke Lokasi ini, kita akan berjalan kaki sejauh 10 Km dari Bukit Malintang atau lebih kurag 4 jam perjalanan, Golden Arm. Lokasi : Terletak di Bukik Malintang Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, sekitar 5 Km dari Ibu Kota Kabupaten Solok selatan yaitu Padang Aro.
  1. Sumber Air Panas
sumber air panas di slok selatan sangat banyak  di antaranya pemandian air panas seperti yang ada di wilayah sentral kecematan alam pauh duo Sumber Air Panas ini adalah Sumber Air Panas yang paling tinggi suhunya mencapai 120°C yang akan siap menjadi mega objek wisata yang akan di namakan dengan HOT WATER BOOM. Masyarakat sekitar biasanya memanfaatkan panas bumi ini untuk merebus sesuatu seperti telur atau bahan makanan lainnya. Disamping itu juga ada sumper air panas jorong cangkar yang sering kali di gunakan oleh masyarakat untuk mandi, kemudian juga ada sumber air panas yang suhunya mencapai 95 derjat C  sebagian Masyarakat juga menggunakan tenaga panas bumi ini untuk menjemur padi.Lokasi nya  Terletak di Jorong Balun Nagari Pakan Rabaa
  1. Kebun Teh Mitra Kerinci
Perkebunan Teh Mitra Kerinci mulai dirintis pada tahun 1985, dengan luas perkebunan + 1.500 ha, yang berada di bawah Gunung Kerinci. Status kepemilikan lahan merupakan milik Negara dibawah wewenang Depertemen Keuangan yang dikontrak oleh pihak PT. Mitra Kerinci untuk jangka waktu 30 tahun. Jika kita memasuki kawasan ini, akan terlihat hamparan tanaman teh yang sangat luas yang akan memberikan udara  sejuk dan membuat hati para engunjung menjadi tenang.
Kebun teh milik PT.Mitra Kerinci yang terletak di daerah Sungai lambai ini selain menjadi objek wisata bagi para pengunjung nya yang pasti menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga sebagai perkebunan yang luas yang menjadi potensi terbesar bagi kabupaten Solok selatan.
Dan masih banyak lagi objek wisata alam ternama lainnya yang ada di solok selatan .seperti yang di jelaskan pada table berikut ini.





No

Nama objek

Lokasi
Jarak dari padang aro (Km)
Jarak dari muaralabuh (Km)
1
Air terjun ulu suliti.
Ulu suliti.
60
25
2
Air tejun timbulun.
Nagari pakan rabaa.
50
15
3
Sapan dan irigasi balun.
Balun .
47
12
4
Kawasan ekowisata batang pagu.
Batang sungai pagu.
40
5
5
Sapan maluluang.
Ampalu.
19
16
6
Air terjun koto birah.
Koto birah.
29
6
7
Kawasan agro wisata mato aia.
Mato air.
39
4
8
Air tejun transi 4
Sungai lambai
8
27
9
Lubuk patamuan
sampu
8
43
10
Kawasan witasa golden
Golden Arm
14
49
11
Air tejun talang sipintir
Sungai kunyit
40
75
12
Ngalau lubuak malako
Lubuk malako
25
60
13
Ngalau indah
Sungai kunyit
26
61
14
panorama
Batu bakauwik
42
77
15
Vila tarapuang
Pulau panjang
50
85
16
Panandian
Pulau karam kmbing
49
84
17
Air manjur
Rantau limau kapas
55
90

B.2. Wisata Sejarah
Wisata sejarah yaitu sebuah tempat rekreasi mengenai peninggalan-peninggalan dari orang-orang yang terdahulu atau para pahlawan yang dahulu, yang sampai sekarang masih di jaga sampai sekarang oleh masarakat Solok selatan yang juga merupakan pendapatan bagi masyarakat setempat di antaranya: situs Peninggalan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang pada saat itu di pimpin oleh Mr. syafruddin prawiranegara. Situs PDRI ini berada di daerah Bidar Alam kecamatan Sangir Jujuan atau sekitar 26 Km dari daerah pusat Solok selatan atau 61 Km dari Muara labuh. Tapi sangat disayang sampai sekarang keberadaan PDRI jarang bahakan tidak pernah di singgung dalam buku sejarah nasional , padahal PDRI telah menyelamatkan eksistensi Republik Indonesia di tengah bangsa Indonesia mengalami krisis Eksistensi pada masa agresi militer Belanda II yang berlangsung pada tahun 1948 sampai 1949.
Tetapi walaupun demikian adanya pada kenyataannya masyaraka Solok selatan juga terus memperingati hari PDRI dan hampir setiap tahun mengadakan pengunjungan ke rumah dan tugu PDRI tersebut. Masalah wisata sejarah hanya ada di nagari Bidar Alam saja tetapi juga banyak mayarakat luar yang merkunjung ke sana untuk mengenang perjuangan PDRI.

No

Nama Objek Wisata

Lokasi
Jarak dari Padang Aro (Km)
Jarak dari Muara Labuh (Km)
1
Tugu PDRI
Bidar alam
26
61
2
Rumah PDRI
Bidar alam
26
61

B.3. Wisata Budaya
Wisata budayanya di Solok selatan tidak kalah menarik dari wisata alam dan wisata sejarahnya, di solok selatan memiliki banyak situs budaya dan tradisi budaya yang masih hidup di tengah masyrakat Solok selatan, bahkan Dr. Meutia Hatta putri dari Proklamator M. Hatta semasa beliau menjabat sebagai Dupati di Departemen Pariwisata setelah kunjungannya ke kabupaten Solok selatan, melihat deretan-deretan rumah gada ng yang menjadi ciri kas dari masyarakat Minangkabau maka memberi julukan sebagai “Nagari seribu rumah gadang”. Beliau sangat terpesona dengan situs dan tradisi budaya yang masih hidup di tengan masyarakat Solok seltan.
Di kawasan kecamatan Sungai pagu tepatnya di Muaralabuh terdapat ratusan rumah gadang dengan berbagai tipe dan ukuran, bahkan letaknya sangat rapat dan berdekatan, kondisi seperti ini dapat kita temukan di daerah Koto Baru dan di daerah Pasir talang, ini sesungguhnya perkampungan Minangkabau dengan situs budaya yang masih hidup berkembang di tengah masyarakat. Tradisi yang masih di lestarikan oleh masyarakat Solok Selatan sampai saat sekarang ini adalah “Mambantai kabau nan gadang” ini biasanya di lakukan oleh masyarakat setempat sebelum musim tanam padi.
Kemudian di negari Abai kecematan Sangir Batang Hari terdapat pula puluhan rumah gadang dengan ukuran panjang yang sangat fantastic, panjangnya mencapai puluhan bahkan ratusan meter dengan belasan gonjong, rumah gadang Abai merupakan rumah gadang terpanjang yang ada di Minangkabau. Di sampiung keberadaan rumah gadang nagari Abai ini mengandung potensi tradisi budaya yang di namakan “Batombe” yang merupakan seni berbalas pantun di iringi dengan alat musik tradisional, dan biasa nya di gelar pada pesta penikahan dan pesta-pesta yang bersifat gembira.

No

Nama objek wisata

Lokasi
Jarak dari Padang Aro (Km)
Jarak dari Muara Labuh (Km)
1
Batu baroda
Batang sungai pagu
40
5
2
Batu palimauan
Nagari pakan rabaa
44
9
3
Batu pacatuan dan batu kabau
Batang lolo
44
9
4
Pakuburan dan istana rajo
Balun
47
12
5
Fosil gajah purba
Balun
47
12
6
Upcra turun ka sawah
Sungai pagu
40
5
7
Makam syekh M. sofi
Pasir talang
40
5
8
Mesjid&makam syekh sampu
Sampu
3
38
9
Rumah gadng P.cermin
Ranah P.cermin
37
72
10
Batombe
Abai
40
75

Melihat potensi yang ada di merangkum wisata alam, wisata sejarah, dan wisata budaya kabupaten solok selatan bertekat untuk menjadi “kawasan ekowisata” di mana kita akan mengandalkan potensi alam yang di dukung dengan tradisi budaya local yang unik dan yang masih berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Potensi kepariwisataan tersebut pada masa yang akan datang dapat menjadi sector utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk mengembangkannya sangat di butuhkan atau di perlukan perhatian serta partisipasi semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk di sana investor, perantau dan dari biro perjalanan. Secara kelembagaan pada tahun 2005 ini pemerintah kabupaten solok selatan telah membentuk kantor pariwisata seni dan budaya yang akan mengelolah potensi ini.
Untiuk mengembangkan objek-objek wisata yang ada di solok selatan, maka objek wisata yanga da di kabupaten solok selatan tersebut dikelompokkan atas 3 zona wisata, pembagian zona wisata yang terbagi atas 3 zona berdasarkan kepada:
a)      Kedekatan antar objek wisata .
b)      Ketersediaan jaringan jalan.
c)      Struktur wilayah dan lokasi pusat aktivitas eksting.
Berdasarkan tiga variable di atas, pengelompokan objek wisatanya di kabupaten solok selatan di bagi atas 3 zona yaitu:

Zona
Wilayah cakupan
Pusat Zona
A
Kec. Koto parik gadang di ateh
Kec. Sungai pagu
Muara Labuh
B
Kec. Sangir
Padanga Aro
C
Kec. Sangir Jujuan
Kec. Sangir Batang Hari
Lubuk Malako



Di setiap penjurun negeri yang ada di solok selatan ini sangat banyak akan sumber daya alam bahkan budaya yang harus mendapat sentuhan dari pemerintah agar sumber daya tersebut akan selalu memberikan kemakmuran bagi masyarakat kabupaten solok selatan. Dengan adanya sentuhan serta pengelolaan seperti pembuatan jalan dan pembangunan sarana dan prasarana di setiap objek wisata yang di anggap layak untuk di kunjungi dan perawatan dari masyarakat, maka masyarakat solok selatan dan sekitarnya tidak ada kekurangan bahkan mencari keluar daerah solok selatan sebagai tempat rekreasi.























BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Dari isi makalah di atas penulis bisa mengambil kesimpulan bahwa sangat banyak potensi yang di miliki oleh nagari sarantau sasurambi ini yaitu kabupaten solok selatan tetapi pengolaan dari pihak-pihak yang berwenang sangat kurang bahkan boleh dikatakan tidak ada, padahal peluang investasi daerahnya sangat menguntungkan khususnya di tingkat pariwisata dan budaya.
  1. Saran
Mungkin untuk sebuah saran bahkan kritikan penulis belum bisa menuliskan pada makalah ini tetapi penulis mimiliki harapan bagi pemerintah kabupaten solok selatan tepatnya dinas pariwisata supaya mengelola dengan sebaik mungkin objek wisata solok selatan supaya PendapatanAsli Daerah (PAD) menjadi lebih meningkat,
Kemudian buat masyarakat dan para pelajar supaya lebih memperhatikan, kelestarian alam supaya bermanfaat untuk kedepanya, dan juga kita semua di harapkan menjaga kebudayaan seta peninggalan dari nenek moyang terdahulu.
Yang terakhir penulis mengharapkan saran dan kritikan dari para pembaca dalam pembuatan makalah ini, karna penulis yakin masih banyak kekurang, dengan saran kritikan dari para pembaca penulis penulis bisa membuat makalah lebih baik lagi ke depanya, atas kritikan penulis ucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar: